Guru Dan Dunia Usaha/Industri Dalam Pembelajaran Teaching Factory Di SMK Negeri 1 Polewali (Studi Kasus dalam Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran)
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v9i2.77Keywords:
Guru, Dunia Usaha/Industri, Teaching Factory, SMK Negeri 1 PolewaliAbstract
Tujuan penulisan makalah ini untuk mengetahui peran komponen guru dan dunia usaha/industri dalam pembelajaran teaching factory di kompetensi keahlian Bisnis daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Polewali.
Metode pemecahan masalah adalah dengan mengolah data yang diperoleh melalui kuisioner yang diisi oleh 6 (enam) guru produktif pada kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Polewali. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan program MS. Excell.
Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) Peran komponen guru sangat tinggi dalam pembelajaran teaching factory pada kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Polewali, dengan persentase sebesar 85,83%; (2) Peran komponen dunia usaha/industri sangat tinggi dalam pembelajaran teaching factory pada kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Polewali, dengan persentase sebesar 85,89%.

