Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Siswa Kelas XIMipa1 SMA Negeri 1 Polewali Tahun pembelajaran 2017/2018

Authors

  • Amri Amri IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v9i1.68

Keywords:

Model Interaktif, Pembelajaran, Seni Rupa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui, (a) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran intrekaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran seni rupa khusnya KD.3.1 Menganalisis Konsep Unsur Prinsip, bahan dan Teknik dalam Berkarya Seni Rupa b) Apakah metode Tanya jawab dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran seni rupa khususnya KD. 3.1. Menganalisis Konsep Unsur Prinsip, bahan dan Teknik dalam Berkarya Seni Rupa. Subjek penelitian ini adalah Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Polewali yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif dengan model Tanya jawab berbengaruh positif terhadap motivasi dan keaktifan belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar seni rupa pada siswa kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Polewali. Hal ini data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai evaluasi dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (76,06%), siklus II (82,42%).

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Amri, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Siswa Kelas XIMipa1 SMA Negeri 1 Polewali Tahun pembelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.36915/jitu.v9i1.68