Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Strategi ReciprocaL TEACHING (Pembelajaran Terbalik) Pada Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Matakali

Authors

  • Abdul Napi Salim IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v8i2.67

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar Fisika, Strategi Reciprocal Teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Matakali Kab. Polewali Mandar melalui Strategi Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Matakali tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri atas empat kegiatan, yaitu: Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir belajar pada akhir siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar fisika menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 22 orang atau 64,71% dan siklus II adalah tuntas 30 orang atau 88,24%. Hasil analisis kuantitatif bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Matakali yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui strategi reciprocal teaching (pembelajaran terbalik) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Napi Salim, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Strategi ReciprocaL TEACHING (Pembelajaran Terbalik) Pada Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Matakali. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 8(2), 237–256. https://doi.org/10.36915/jitu.v8i2.67