Peranan Proses Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Di Madrasah Ibtidaiyyah Ddi Madatte Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Authors

  • Ahmad Ahmad IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v8i2.60

Keywords:

Proses Pembelajaran, Perkembangan Kognitif Siswa

Abstract

Pemasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Peranan Proses Pembelajaran di MI DDI Madatte Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar (2) Perkembangan Kognitif di MI DDI Madatte Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membangun makna berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut diambil kesimpulan. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah adanya peranan proses pembelajaran terhadap perkembangan kognitif siswa di MI DDI Madatte Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Hasil pengamatan dari perkembangan kognitif siswa di MI DDI Madatte Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar adalah adanya peranan proses pembelajaran terhadap perkembangan kognitif siswa di MI DDI Madatte Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar yaitu siswa dapat belajar secara aktif, siswa mampu memecahkan soal pelajaran, cara berpikir siswa lebih kompleks, siswa mampu belajar dari pengalaman, dan melatih mental siswa.

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Ahmad, A. (2021). Peranan Proses Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Di Madrasah Ibtidaiyyah Ddi Madatte Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 8(2), 159–172. https://doi.org/10.36915/jitu.v8i2.60