Pengembangan Metode Drill Berbasis Literasi Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 18 Maroangin Kota Palopo
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v15i2.466Keywords:
Pengembangan; Metode Drill; Literasi Visual; Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, merancang, serta menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas metode drill berbasis literasi visual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 18 Maroangin Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas guru kelas III dan 27 siswa kelas III, sedangkan objek penelitian adalah metode drill berbasis literasi visual. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill berbasis literasi visual yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Hasil uji validitas oleh ahli pembelajaran Bahasa Indonesia memperoleh kriteria sangat valid dengan skor masing-masing 87,5% dan 90,62%. Uji kepraktisan menunjukkan kategori sangat praktis, dengan skor 94,04% dari siswa dan 100% dari guru. Uji efektivitas berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,70 menunjukkan bahwa metode drill berbasis literasi visual efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, metode ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN 18 Maroangin Kota Palopo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vivi Azzahra, Firman Firman, Mirnawati Mirnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

