Pengembangan Strategi Pembelajaran Menulis Narasi dengan Metode Story Mapping Kelas V SDN 18 Maroangin Kota Palopo
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v15i2.430Keywords:
Pengembangan; , Strategi Menulis Narasi; , Metode Story MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan metode story mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN 18 Maroangin Kota Palopo; (2) mendesain pengembangan metode story mapping yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa; serta (3) mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas metode tersebut dalam pembelajaran menulis narasi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah guru dan 20 siswa kelas V, sedangkan objek penelitian adalah strategi pembelajaran menulis narasi dengan metode story mapping. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran menulis narasi dengan metode story mapping dinilai sangat valid dan praktis. Hasil validasi ahli perangkat pembelajaran memperoleh skor 85%, dan ahli evaluasi pembelajaran sebesar 87,5%. Uji kepraktisan menunjukkan skor 88,12% dari siswa (sangat praktis) dan 87,5% dari guru (praktis). Dengan demikian, metode story mapping dinyatakan layak untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN 18 Maroangin Kota Palopo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mentari Tenra, Firman Firman, Mirnawati Mirnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

