Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) di Madrasah Lampung Utara

Authors

  • Puji Rahayu STAINU Kotabumi Lampung
  • Ary Forniawan STAINU Kotabumi Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v15i2.429

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Madrasah

Abstract

Tujuan artikel ini adalah memaparkan implementasi Kurikulum Merdeka berbasis komunitas di Madrasah Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka berbasis komunitas berjalan dengan baik, berkat dukungan berbagai pihak seperti Loka Diklat Bandar Lampung, Kemenag, Kapokjawas, Widya Swara, Pengawas Madrasah, Penmad, Kepala Madrasah, Waka Madrasah, Dewan Guru, serta dosen dari STAI Nahdlatul Ulama Lampung.

Downloads

Published

2025-11-11

How to Cite

Puji Rahayu, & Ary Forniawan. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) di Madrasah Lampung Utara. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 15(2), 83–93. https://doi.org/10.36915/jitu.v15i2.429