ANALISA KORELASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v15i1.424Keywords:
Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kabupaten Gorontalo pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah survei korelasional dengan populasinya adalah peserta didik MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengambilan pengambilan secara proposional random sampling. Penelitian ini memberikan hasil terdapat korelasi positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan koefisien korelasi ry.1 = 0,55 dalam pola persamaan regresi sederhana Ў = 16,36 + 0,271 dengan determinasinya sebesar r2y1 = 0,30. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faizal Fatah SN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.