PENGUATAN NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA

Authors

  • Raden Umar Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta
  • Syurya Muhammad Nur Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Fendi Hidayat Universitas Batam, Batam
  • Zul Fadhli Sulthani Universitas Satyagama, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v15i1.422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan nilai-nilai kewarganegaraan dalam kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya melalui mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada dua perguruan tinggi, yaitu Universitas Esa Unggul dan Universitas Bina Sarana Informatika (BSI). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tantangan kehidupan berbangsa yang semakin kompleks, seperti meningkatnya intoleransi, apatisme politik, dan radikalisme, yang menuntut pendidikan tinggi untuk berperan lebih aktif dalam membentuk karakter warga negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap mahasiswa semester lima serta analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum PPKn di kedua universitas telah mencakup nilai-nilai kewarganegaraan seperti nasionalisme, demokrasi, tanggung jawab sosial, dan pluralisme. Namun demikian, efektivitas internalisasi nilai-nilai tersebut sangat bergantung pada metode pembelajaran yang diterapkan oleh dosen. Mahasiswa merasakan manfaat dari pembelajaran PPKn dalam meningkatkan kesadaran dan sikap sebagai warga negara, tetapi masih diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih partisipatif dan kontekstual agar nilai-nilai kewarganegaraan dapat tertanam secara lebih mendalam. Penelitian ini merekomendasikan penguatan implementasi kurikulum yang responsif terhadap dinamika sosial serta peningkatan kapasitas pedagogis dosen dalam mengelola pembelajaran kewarganegaraan di lingkungan perguruan tinggi.

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Umar, R., Muhammad Nur, S., Hidayat, F. ., & Fadhli Sulthani, Z. (2025). PENGUATAN NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 15(1), 24–31. https://doi.org/10.36915/jitu.v15i1.422