INTEGRASI KONSEP WAHDATUL WUJUD DALAM PENDIDIKAN ISLAM: SEBUAH PENDEKATAN FILOSOFIS-SUFISTIK
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v15i1.419Abstract
Artikel ini membahas integrasi konsep Wahdatul Wujud dalam pendidikan Islam melalui pendekatan filosofis-sufistik. Menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menelaah karya-karya Ibn ‘Arabi serta literatur terkait nilai-nilai sufistik dalam pendidikan. Konsep Wahdatul Wujud, yang menekankan kesatuan antara makhluk dan Tuhan, menawarkan landasan spiritual yang mendalam bagi pengembangan pendidikan Islam. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan ini memperluas makna pendidikan, tidak hanya sebagai transmisi ilmu, tetapi juga sebagai proses pembinaan ruhani, penyucian jiwa (tazkiyatun nafs), dan penyadaran akan kehadiran Ilahi dalam kehidupan. Pendidikan berbasis Wahdatul Wujud membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kesadaran spiritual dan akhlak yang luhur. Dengan demikian, konsep ini relevan dalam menjawab tantangan pendidikan modern yang cenderung mengabaikan aspek spiritual manusia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arif Arif; Anwar Sewang, Ahmad Jafar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.