Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v12i1.166Keywords:
Model Pembelajaran, Kooperatif STAD, Seni RupaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya (Seni Rupa) siswa Kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Polewali. Jumlah siswa 35 orang, yang dibagi dalam 7 kelompok kerja beranggotakan 5 orang siswa. Observasi dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap persiapan (perencanaan), pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi, dan revisi tindakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif, disajikan dalam bentuk tabel, dilengkapi dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 74,28% dan siklus II sebesar 91,42%. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 17,14%. Didapatkan juga bahwa pada siklus I jumlah kelompok yang tuntas sebesar 14,28 % meningkat sebesar 42,86% menjadi 57,14% pada siklus kedua. Kesimpulan penelitian ini dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya (Seni Rupa) siswa kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Polewali.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.