Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Berbusana Muslim Dan Muslimah Kelas VIII A MTs Mas’udiyah Wonomulyo
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh hasil pembelajaran Aqidah Akhlaq terhadap Etika Belajar Siswa-siswi kelas VIII A MTs Mas’udiyah Wonomulyo. Penelitian ini meruppakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistic product moment. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 19 peserta didik dan difokuskan pada kelas VIII A saja. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa permasalahan etika berbusana siswa siswa kelas VIII A MTs Mas’udiyah Wonomulyo dengan rumus product moment, (1) Hasil pembelajaran aqidah akhlak tergolong “Sangat Baik” dengan hasil 80% dari rentangan 76% - 100% dari beberapa nilai ujian akhir semester (UAS) siswa-siswi kelas VIII A Mts Mas’udiyah Wonomulyo (2) penerapan etika berbusana muslim dan muslimah siswa-siswi kelas VIII A Mts Mas’udiyah Wonomulyo tergolong “baik” dengan hasil 60,3% dari rentangan 51%-75%. (3) Hasil Pembelajaran Aqidah Akhlak memimliki pengaruh terhadap Etika Berbusana muslim dan muslimah siswa-siswi kelas VIII A Mts Mas’udiyah Wonomulyo. Hal ini terbukti dengan Ha diterima dan H0 ditolak dengan t hitung sebesar dari t tabel yakni, Thitung > Ttabel = 2,342 ≥ 2,110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.