https://journals.ddipolewalimandar.ac.id/index.php/alhaqiqa/issue/feed Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2025-11-16T14:26:32+00:00 Awaluddin awaludin@ddipolman.ac.id Open Journal Systems <p>Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah terbitan berkala Ilmiah yang menerbitkan artikel dari hasil penelitian bidang ilmu komunikasi dan penyiaran Islam</p> https://journals.ddipolewalimandar.ac.id/index.php/alhaqiqa/article/view/472 STRATEGI KOMUNIKASI PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM PENDAMPINGAN SERTIFIKASI HALAL BAGI UMKM 2025-11-12T13:42:46+00:00 Muhammad Aslam Ahmad aslam@ddipolman.ac.id Arham arhamkua@gmail.com Muhammad Adam muadam@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui Strategi Komunikasi Penyuluh Agama dalam Sosialisasi Sertifikasi Halal Terhadap UMKM Desa Sepabatu Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar 2) Untuk mengetahui faktor penghambat Strategi Komunikasi Penyuluh Agama dalam Sosialisasi Sertifikasi Halal Terhadap UMKM Desa Sepabatu Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan penelitian, kesadaran konsumen di Desa Sepabatu terhadap produk halal meningkat, mempengaruhi UMKM untuk mengejar sertifikasi halal. Penyuluh agama Islam berperan penting dalam mengedukasi UMKM tentang pentingnya dan prosedur sertifikasi, namun upaya lebih lanjut diperlukan untuk memperkuat pemahaman ini di kalangan UMKM 2) Penyuluh agama di Desa Sepabatu menghadapi kendala dalam sosialisasi sertifikasi halal, sehingga diperlukan pendekatan komprehensif melalui penyampaian informasi, pelatihan, dan dukungan bagi UMKM. Kerjasama dengan entitas relevan juga penting untuk menyederhanakan dan membiayai proses sertifikasi bagi UMKM.</p> <p>Implikasi penelitian yang bisa diberikan 1) Dengan tumbuhnya kesadaran konsumen tentang halal, UMKM di Desa Sepabatu perlu sertifikasi halal. Penyuluh agama harus meningkatkan pelatihan, berkolaborasi dengan lembaga sertifikasi, dan menggunakan pendekatan personal. Kolaborasi dengan asosiasi UMKM dan evaluasi rutin juga penting untuk memastikan efektivitas sosialisasi 2) Untuk meningkatkan sosialisasi sertifikasi halal di Desa Sepabatu, penyuluh agama perlu memperkuat strategi komunikasinya melalui informasi, pelatihan, dan dukungan bagi UMKM. Kolaborasi dengan entitas relevan akan semakin memudahkan dan efisiensikan proses sertifikasi, mendorong adopsi yang lebih luas di kalangan UMKM setempat.</p> 2025-09-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam https://journals.ddipolewalimandar.ac.id/index.php/alhaqiqa/article/view/475 PENDEKATAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL 2025-11-16T13:57:32+00:00 Zainal Abidin zainaljamsih123@gmail.com Nurdin nurdindakka6@gmail.com Asrawati asrawati150572@gmail.com Akhmad Sukardi akhmadsukardi.iainkendari@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui </em><em>Bagaimana Strategi Bimbingan dan Penyuluhan Agama islam pada pedagang pasar senggol di </em><em> Kota Parepare</em> <em>2) untuk mengetahui Bagaimana Pemberdayaan sosial keagamaan pedagang pasar senggol </em><em>Kota Parepare</em><em>..</em></p> <p><em>Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi Bimbingan dan Penyuluhan Agama islam pada pedagang pasar senggol dengan Melakukan Identifikasi dan penilaian masalah,Mendiskusikan sasaran secara spesifik,melukan Perencanaan,Melaksanakan Bimbingan dan penyuluhan ,dengan tatap muka secara terbatas maupun melalui media sosial berupa Wathapps.Strategi pendekatan secara (personal approach),Melakukan kunjungan kerumah dan bersilaturrahmi,Melakukan pertemuan secara berkala,Membuat Materi yang akan kita sampaikan menjadi kebutuhan mereka,Membuat mereka menjadi Nara sumber bagi dirinya sendiri, ,Evaluasi 2) Pemberdayaan Sosial Keagamaan pedagang pasar senggol yaitu : Pengembangan diri yang berkesinambungan, Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, Meningkatkan pemahaman keagamaan melalui diskusi, Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah,Meningkatkan Ketaatan beribadah dengan memanfaatkan Masjid terdekat dengan Shalat Lima Waktu,Meningkatkan Kemampuan beradaptasi dengan perubahan lingkungan dengan berkreasi dan berinovasi,Memiliki Kemampuan dalam menejmen ekonomi Keluarga.</em></p> 2025-09-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam https://journals.ddipolewalimandar.ac.id/index.php/alhaqiqa/article/view/473 PERAN KOMUNIKASI KEPALA KUA DALAM AKSELERASI PROSES LEGALISASI TANAH WAKAF MASJID 2025-11-15T10:14:03+00:00 Ridwan ridwan_polman@gmail.com Anwar Sewang anwarsewang@gmail.com Rahmayani rahmayani@ddipolman.ac.id <p><em>Wakaf adalah ibadah keuangan yang memberi keuntungan bagi wāqif berupa pahala berkelanjutan dan berdampak finansial bagi penerimanya. Harta wakaf untuk generasi mendatang harus dikelola baik oleh nazir, yang bertanggung jawab menjaga dan mengelolanya sesuai niat wāqif.</em></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui </em><em>peran kepala kantor urusan agama dalam melegalisasi tanah wakaf masjid di kecamatan wonomulyo kabupaten polewali mandar 2) untuk mengetahui faktor penghambat dalam melegalisasi tanah wakaf di kecamatan wonomulyo.</em></p> <p><em>Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil menunjukkan bahwa KUA berperan sentral sebagai mediator antara pemilik tanah wakaf dan entitas relevan, mempromosikan kesadaran tentang wakaf, serta mengatasi hambatan administratif dan hukum yang muncul. Dengan demikian, KUA memegang peranan penting dalam penguatan praktek wakaf di wilayah tersebut 2) diidentifikasi tiga faktor utama yang menjadi penghambat proses legalisasi tanah wakaf. Pertama, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai konsep dan manfaat wakaf. Kedua, kompleksitas dalam prosedur administratif dan hukum yang terkait. Terakhir, adanya konflik internal yang muncul di antara pemangku kepentingan. Ketiga faktor ini penting untuk diperhatikan dalam upaya meningkatkan efektivitas legalisasi tanah wakaf.</em></p> 2025-09-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam https://journals.ddipolewalimandar.ac.id/index.php/alhaqiqa/article/view/474 EFEKTIFITAS PENYAMPAIAN INFORMASI RADIO TELSTAR KE PENDENGAR DI MEDIA SOSIAL 2025-11-15T14:23:22+00:00 Nurul Wahida Asbar nurulwhd13@gmail.com Muh Al Gazhali Ilham algazhali042@gmail.com Syerlina syerlinaaris@gmail.com Irnawati irnawati.irnawati@uin-alauddin.ac.id <p><em>Penggunaan radio memiliki banyak manfaat, termasuk kemampuannya menyampaikan informasi dengan cepat kepada masyarakat. Keuntungan lain menggunakan radio adalah mempunyai keunggulan suara sehingga lebih jangkauan dan menyenangkan. Persaingan di bidang radio kini sangat ketat, ditambah lagi dengan hadirnya media sosial, banyak masyarakat yang memanfaatkan media sosial untuk mencari dan menyebarkan informasi. Perkembangan media sosial juga dirasakan oleh Radio Telstar. Efektifitas radio sebagai sumber informasi diukur dari keakuratan dan efektivitas siaran informasi. Informasi palsu (hoax) tergolong rendah yaitu 1,2% di radio, 6,4% di media cetak, dan 8,7% di televisi. Penelitian ini memiliki implikasi teoritis. Dari penelitian ini akan memberikan pemahaman strategi dan trik kreatif untuk meningkatkan kualitas suatu program, dan akan dapat menjelaskan program dan segmen kreatif untuk stasiun radio. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan kualitatif. Suatu penelitian yang dilakukan untuk menjelaskan atau menggambarkan objek penelitian dengan menggunakan data empiris yang ada dilapangan. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa efektifitas media radio dalam meningkatkan penyampaian informasi Radio Telstar terhadap masyarakat sebagai salah satu sumber informasi yang cukup efektif di media sosial.</em></p> 2025-11-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam