PENDEKATAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL
DOI:
https://doi.org/10.36915/alhaqiqa.v6i2.475Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui Bagaimana Strategi Bimbingan dan Penyuluhan Agama islam pada pedagang pasar senggol di Kota Parepare 2) untuk mengetahui Bagaimana Pemberdayaan sosial keagamaan pedagang pasar senggol Kota Parepare..
Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi Bimbingan dan Penyuluhan Agama islam pada pedagang pasar senggol dengan Melakukan Identifikasi dan penilaian masalah,Mendiskusikan sasaran secara spesifik,melukan Perencanaan,Melaksanakan Bimbingan dan penyuluhan ,dengan tatap muka secara terbatas maupun melalui media sosial berupa Wathapps.Strategi pendekatan secara (personal approach),Melakukan kunjungan kerumah dan bersilaturrahmi,Melakukan pertemuan secara berkala,Membuat Materi yang akan kita sampaikan menjadi kebutuhan mereka,Membuat mereka menjadi Nara sumber bagi dirinya sendiri, ,Evaluasi 2) Pemberdayaan Sosial Keagamaan pedagang pasar senggol yaitu : Pengembangan diri yang berkesinambungan, Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, Meningkatkan pemahaman keagamaan melalui diskusi, Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah,Meningkatkan Ketaatan beribadah dengan memanfaatkan Masjid terdekat dengan Shalat Lima Waktu,Meningkatkan Kemampuan beradaptasi dengan perubahan lingkungan dengan berkreasi dan berinovasi,Memiliki Kemampuan dalam menejmen ekonomi Keluarga.