PENDEKATAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL

Authors

  • Zainal Abidin Penyuluh Agama Islam Kota Parepare
  • Nurdin Universitas Islam Darud Da'wah Wal-Irsyad A.G.H Abdurrahman Ambo Dalle
  • Asrawati Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqan Makassar
  • Akhmad Sukardi Institut Agama Islam Negeri Kendari

DOI:

https://doi.org/10.36915/alhaqiqa.v6i2.475

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui Bagaimana Strategi Bimbingan dan Penyuluhan  Agama islam  pada pedagang pasar senggol di  Kota Parepare 2) untuk mengetahui Bagaimana Pemberdayaan sosial keagamaan pedagang pasar senggol Kota Parepare..

Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi Bimbingan dan Penyuluhan Agama islam pada pedagang pasar senggol dengan Melakukan Identifikasi dan penilaian masalah,Mendiskusikan sasaran secara spesifik,melukan Perencanaan,Melaksanakan Bimbingan dan penyuluhan ,dengan tatap muka secara terbatas maupun melalui media sosial berupa Wathapps.Strategi pendekatan secara (personal approach),Melakukan kunjungan kerumah dan bersilaturrahmi,Melakukan pertemuan secara berkala,Membuat Materi yang akan kita sampaikan menjadi kebutuhan mereka,Membuat mereka menjadi Nara sumber bagi dirinya sendiri, ,Evaluasi 2) Pemberdayaan Sosial Keagamaan pedagang pasar senggol yaitu : Pengembangan diri yang berkesinambungan, Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, Meningkatkan pemahaman keagamaan melalui diskusi, Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah,Meningkatkan Ketaatan beribadah dengan memanfaatkan   Masjid terdekat dengan Shalat Lima Waktu,Meningkatkan Kemampuan beradaptasi dengan perubahan lingkungan dengan berkreasi dan berinovasi,Memiliki Kemampuan dalam  menejmen  ekonomi Keluarga.

Downloads

Published

2025-09-21

How to Cite

Abidin, Z., Nurdin, Asrawati, & Sukardi, A. . (2025). PENDEKATAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL. Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2), 20–24. https://doi.org/10.36915/alhaqiqa.v6i2.475