EFEKTIFITAS PENYAMPAIAN INFORMASI RADIO TELSTAR KE PENDENGAR DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.36915/alhaqiqa.v6i2.474Abstract
Penggunaan radio memiliki banyak manfaat, termasuk kemampuannya menyampaikan informasi dengan cepat kepada masyarakat. Keuntungan lain menggunakan radio adalah mempunyai keunggulan suara sehingga lebih jangkauan dan menyenangkan. Persaingan di bidang radio kini sangat ketat, ditambah lagi dengan hadirnya media sosial, banyak masyarakat yang memanfaatkan media sosial untuk mencari dan menyebarkan informasi. Perkembangan media sosial juga dirasakan oleh Radio Telstar. Efektifitas radio sebagai sumber informasi diukur dari keakuratan dan efektivitas siaran informasi. Informasi palsu (hoax) tergolong rendah yaitu 1,2% di radio, 6,4% di media cetak, dan 8,7% di televisi. Penelitian ini memiliki implikasi teoritis. Dari penelitian ini akan memberikan pemahaman strategi dan trik kreatif untuk meningkatkan kualitas suatu program, dan akan dapat menjelaskan program dan segmen kreatif untuk stasiun radio. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan kualitatif. Suatu penelitian yang dilakukan untuk menjelaskan atau menggambarkan objek penelitian dengan menggunakan data empiris yang ada dilapangan. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa efektifitas media radio dalam meningkatkan penyampaian informasi Radio Telstar terhadap masyarakat sebagai salah satu sumber informasi yang cukup efektif di media sosial.